Home » , » Khasiat Tanaman Obat Boerhaavia Diffusa Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Obat Boerhaavia Diffusa Untuk Kesehatan

Suku: (nyctaginaceae)


Dekripsi : Boerhaavia diffusa adalah rumput hijau yang menjalar, dapat mencapai panjang 1 meter atau lebih, dengan cabang-cabang.akarnya kuat dan berkayu. Daunnya tebal, berdaging, dan berambut. Bentuk  daunnya bervariasi, bualat atau oval. Permukaan bawah berambut dan permukaan atas licin.


Kandungan kimia : Boerhaavia diffusa mengandung banyak senyawa seperti flavonoid, alkaloid, steroid, triterpenoid, lipid, lignin, karbohidrat, glikoprotein.

Bagian yang digunakan : herba (seluruh bagian tanaman).

Khasiat : daunnya digunakan untuk mengobati dyspepsia, tumor, nyeri perut dan pembengkakan pancreas. Bijinya merupakan ekspektoran, karmonatif, berguna dalam pengobatan lumbago dan scabies. Akar digunakan untuk pengobatan gonorrhea, seluruh peradangan internal dan edema. Akar berperan sebagai diuretika, berperan dalam pengobatan seluruh kelainan hati (termasuk jaundice dan hepatitis), nyeri kandung kemih dan batu di saluran kemih, kelainan saluran kemih, batu ginjal, cystitis, dan nephritis. 




Cara pemakaian :
Untuk obat luar cuci daun, giling sampai lumat atau minyak hasil ekstrak (rebusan) buah. Bubuhkan pada bagaiin yang sakit.
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS