Home » , » Khasiat Tanaman Obat Gandarusa untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Obat Gandarusa untuk Kesehatan

(gandarussa vulgaris)
Suku: acanthaceae
Cara Mengobati Eksim
Deskripsi: semak, percabangan banyak, mulai dari dekat pangkal batang. Cabang muda berwarna ungu gelap dan akan berubah warna menjado cokelat mengikilat setelah tua. Daun tunggal, letak berhadapan, berbentuk lanset, tepi rata, ujung meruncing, pangkal berbentuk biji, bertangkai pendek, dan berwarna hijau gelap. Bunga kecil, berwarna putih, panjang 1,5-2 cm, tersusun dalam rangkaian berupa malai atau bulir yang menguncup, berambur menyebar, dan keluar dari ketiak daun atau ujung tangkai. Buah berbentuk bulat panjang sampai menjorong, panjangnya sekitar 1,3 cm.

Kandungan kimia: minyak atsiri, kalium, dan alkaloid.

Bagian yang digunakan: daun.

Khasiat: melancarkan peredaran darah, antirematik, luka terpukul, patah tulang, rematik, bisul, borok, kuning, eksim, penurun panas, merangsang muntah, sakit kepala, kelumpuhan otot wajah, serta sakit mata dan telinga.



Cara pemakaian:
1.      Memar, keseleo, rematik, tulang patah:
Rebus daun gandarusa segar atau yang kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring lalu diminum pagi dan sore hari. Masing-masing ½ gelas.
2.      Untuk obat yang diminum (melancarkan peredaran darah, antirematik, merangsang muntah):
Direbus daun gandarusa segar atau ditumbuk dan peras,lalu gunakan air yang terkumpul. Jika memakai yang dikeringkan, rebus daun kering atau akar kering.
3.      Untuk pemakaian luar:
Pipis herba segar, lalu tempelkan ke tempat yang sakit, seperti tulang patah, bengkak, terkilir, pembengkakan kelenjar, dan bisul. Gunakan air perasan daun segar sebai obat tetes pada telinga yang sakit. Bisa juga digunakan air rebusan herba untuk mencuci koreng dan borok.

Catatan : wanita hamil dilarnag memakai tanaman ini.
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS